Selasa, 01 Mei 2012

Kata Gizi berasal dari bahasa arab yaitu ghidza yang berarti "makanan", dan dalam arti luas ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dan hubungannya dengan kesehatan optimal.
Zat gizi (nutrients) adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan.
Makanan adalah bahan selain obat yang mengandung zat-zat gizi dan unsur-unsur/ikatan kimia yang dapat dirubah menjadi zat gizi oleh tubuh, yang berguna bila dimasukkan ke dalam tubuh.
Pangan adalah istilah umum untuk semua bahan yang dapat dijadikan makanan.
Bahan Makanan adalah makanan dalam keadaan mentah. Status Gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat-zat gizi. 
Ada enam jenis zat gizi, yaitu Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air. Adapun proses pengolahan zat gizi di dalam tubuh yaitu:
1. Pemasukan
Proses makan atau pemasukan makanan ke dalam tubuh.
2. Pencernaan
Proses pengolahan makanan oleh saluran cerna yang melibatkan proses mekanis dan kimiawi sehingga dapat diserap.
3. Penyerapan
Setelah makanan dicerna atau dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana, maka oleh dinding usus halus makanan diserap.
4. Transport
Ketika zat gizi masuk ke dalam aliran darah atau sistem limfatik, zat gizi ini diangkut kedalam bagian tubuh sehingga tersedia dalam sel di seluruh bagian tubuh.
5. Metabolisme
Seluruh reaksi kimia yang terjadi dalam jaringan tubuh.  Terdiri dari dua bagian, yaitu anabolisme (sintetik=pembentukan) dan katabolisme (degradatif=pemecahan). Jadi metabolisme = anabolisme+katabolisme.
6. Interaksi
Interaksi merupakan pengaruh timbal balik antara komponen-komponen  zat gizi maupun antara proses-proses pengolahan zat gizi dalam tubuh.
7. Penggunaan dan Penyimpanan
Zat gizi dalam makanan yang telah mengalami urutan proses dalam tubuh sampai dengan metabolisme digunakan atau disimpan oleh tubuh.
8. Pembuangan
Pembuangan atau yang sering disebut ekskresi merupakan proses pembersihan tubuh dari sisa pengolahan makanan.


Referensi:
1. Prinsip Dasar Ilmu GIzi, Sunita Almatsier
2. Nutrition and Food, Nirmala Devi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama, Komentar