Kamis, 17 Mei 2012

Gizi untuk Pertumbuhan Tinggi Badan

Anda merasa pendek? atau anda tidak menginginkan anak anda kelak tumbuh pendek? mau tahu zat gizi apa saja yang memegang peranan dalam pertumbuhan tinggi badan?? mari kita bahas..
Tulang berfungsi menopang badan, melindungi alat tubuh yang vital seperti otak dan paru-paru. Tulang juga merupakan parameter penentu tinggi badan ditentukan oleh panjang tulang seseorang.
Masa kanak-kanak dan remaja merupakan masa penting pembangunan tulang. sebesar 45% pertumbuhan massa tulang terjadi pada usia 0-10 tahun. Pada masa itu, tulang tumbuh memanjang. ketika remaja, sekitar 45% massa tulang dewasa tumbuh terbentuk sampai dengan sebelum usia 18 tahu. seseorang disebut pendek apabila tinggi per umur di bawah normal.
Gizi merupakan batu penopang pertambahan tinggi badan dan tinggi badan merupakan salah satu indikator status gizi seseorang/anak. Penelitian menunjukkan bahwa protein, kalsium, fosfor, vit. A, yodium, seng mempunyai efek langsung terhadap pertumbuhan tinggi badan.
Berikut kita lihat bersama satu persatu zat gizi yang berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan tersebut adalah:
1. Protein
Setiap sel dalam tubuh kita mengandung protein, termasuk tulang, kulit, otot, kuku, rambut, air liur, darah, hormon dan enzim. Pada tulang, protein berfungsi dalam pembentukan jaringan tulang yang baru dan penggantian jaringan tulang yang rusak. Protein juga berfungsi memperkuat otot sekitar tulang sehingga tulang terpelihara.
2. Kalsium
Kalsium merupakan mineral terbanyak di dalam tubuh dan sebanyak 99% terdapat dalam tulang dan gigi. Kalsium berperan sebagai penyusun sel tulang, mendukung kerja sel osteoblas(sel pembentuk tulang), mengeraskan dan menguatkan tulang serta mencegah oesteoporosis(pengeroposan tulang).
3. Fosfor
Fosfor berfungsi dalam mineralisasi tulang dan gigi dan sebanyak 80% fosfor tersimpan dalam tulang.
4. Vitamin D
Bentuk aktif vitamin D adalah vitamin D3 yang merupakan kolekalsiferol yang berasal dari hewan dan bentuk aktif. fungsi vitamin D ini adalah membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang bersama vitamin A dan vitamin C, hormon-hormon paratiroid dan kalsitonin, protein kolagen serta mineral-mineral kalsium, fosfor, magnesium dan flour. Fungsi khusus vitamin D ini yaitu sebagai membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor tersedia di dalam darah untuk diendapkan pada proses pengerasan tulang.
5. Magnesium
Berfungsi sebagai mineralisasi dalam tulang dan 50% magnesium dalam tubuh terdapat di tulang.
mineralisasi ini memberikan kekuatan pada tulang.
6. Seng
Seng berperan untuk pertumbuhan sel dan berkolerasi positif dengan pertumbuhan tinggi badan. Disaat anak -anak kekurangan seng dalam proses pertumbuhan yang lamban, maka dengan jelas menunjukkan penurunan kadar seng dalam pembentukan susunan organ dan kapasitas pertumbuhan tubuh akan melambat pada saat yang bersamaan.
7. Yodium
Yodium merupakan bagian dari hormon tiroid dan berfungsi sebagai pengatur pertumbuhan dan perkembangan. kekurangan yodium akan menyebabkan penyakit gondok, kretinisme yang ditandai oleh retardasi mental dan kekredilan pada tubuh.
8. Vitamin C
Vitamin C banyak berkaitan dengan pembentukan kolagen. kolagen merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat seperti tulang rawan dan matriks tulang. Vitamin C juga membantu penyerapan kalsium.
9. Vitamin A
Vitamin A sangat diperlukan untuk memelihara pertumbuhan anak dan mempunyai efek penting terhadap keaktifan sel tulang dan tulang rawan.
10. Tembaga
Tembaga merupakan bagian dari enzim metaloprotein yang terlibat dalam sintesis protein kompleks jaringan kolagen di dalam kerangka tubuh. tembaga berfungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem pergerakan dan juga dapat meningkatkan efektivitas vitamin D.

Selain Mengonsumsi 10 zat gizi yang berperan dalam pertumbuhan tinggi badan tersebut sebaiknya diiringi dengan olah raga seperti renang dan basket yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama, Komentar