SILABUS MATA KULIAH
Program Studi :
S1 Gizi
Kode Mata Kuliah :
PIG
Nama Mata Kuliah :
Gizi Kuliner Lanjut
Jumlah SKS :
3 (2 SKS teori dan 1 SKS praktek)
Mata Kuliah Pra Syarat :
Gizi Kuliner Dasar
Dosen :
Tugiranto, S.Gz, Dietisien (TG)
Dyah Widowati, SKM (DW)
Waktu :
100 Menit
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini merupakan komponen mata kuliah keahlian yang mempunyai arti
sangat luas dalam memberikan pemahaman tentang dasar-dasar pengolahan makanan
oriental, pengolahan makanan kontinental dan penyusunan menu internasional.
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan mampu
menerapkan teori tentang seni dan teknik pengolahan makanan oriental dan
continental dalam menyusun menu internasional.
A. Lingkup Materi dan Pengalaman Belajar
Waktu
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman
Belajar
|
Materi Ajar
|
Pengajar
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
PBC-I
|
Memahami Gambaran Umum Mata Kuliah dan Prinsip Kuliner Gizi serta
Sistem Penilaian
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memahami gambaran mata kuliah.
2. Mengetahui Prinsip-prinsip Gizi Kuliner
di bidang Ilmu Gizi
3. Mengetahui system penilaian
|
1. Mengkaji gambaran umum mata kuliah.
2. Mengkaji prinsip-prinsip Gizi Kuliner.
|
1. Deskripsi, tujuan dan pokok bahasan/
materi perkuliahan
2. Prinsip-prinsip Gizi Kuliner
3. Ikhtisar masalah Gizi Kuliner
|
TG
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Gilmore S.A.Food Preparation Study
Course. Iowa State Press. 2002
5. Hand Out Silabus
|
-
|
PBC-II
|
Memahami pengertian dan perbedaan pola makanan oriental dan
kontinental
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menyebutkan pengertian makanan oriental
2. Menyebutkan pengertian makanan
kontinental
3. Membedakan pola makanan oriental dan
kontinental
|
1. Mengkaji pengertian makanan oriental dan
kontinental
2. Mengkaji perbedaan pola makanan oriental
dan kontinental
|
1. Pengertian makanan oriental dan
kontinental
2. Pola makanan oriental dan kontinental
3. Perbedaan pola makanan oriental dan
kontinental
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Gilmore S.A.Food Preparation Study
Course. Iowa State Press. 2002
5. Drummond KE. Nutrition Food Service
and Culinary Professionals. USA: Wiley. 2004
|
Kuis
|
PBC-III
|
Memahami pengertian, pola makan dan etika makan Negara-negara Asia
Tenggara
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan sejarah pola makan di
Negara-negara Asia Tenggara
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pola makan di Negara-negara Asia Tenggara
3. Membedakan karakteristik pola makan dari
Negara-negara Asia Tenggara
4. Membedakan etika makan di Negara-negara
Asia Tenggara
5. Menyebutkan peralatan masak dan peralatan
makan dari Negara-negara Asia Tenggara
6. Menyebutkan bahan makanan dan makanan
populer dari Negara-negara Asia Tenggara
|
1. Mengkaji pengertian, pola makan
Negara-negara Asia Tenggara
2. Mendiskusikan etika makan Negara-negara
Asia Tenggara berdasarkan literatur
|
1. Sejarah pola makan dan faktor-faktor yang
mempengaruhi pola makan di Negara-negara Asia Tenggara
2. Faktor yang mempengaruhi pola makan di
Negara-negara Asia Tenggara
3. Karakteristik pola makan Negara-negara
Asia Tenggara
4. Etika makan di Negara-negara Asia Tenggara
5. Peralatan memasak dan peralatan makan di
Negara-negara Asia Tenggara
6. Bahan makanan dan makanan popular di
Negara-negara Asia Tenggara
|
TG
|
1. LCD, Laptop
2. OHP, Transparan
3. Whiteboard, spidol
4. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
5. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
|
Test essay, test obyektif
|
PBC-IV
|
Memahami pengertian, pola makan dan etika makan Negara-negara Asia
Timur (Taiwan, Korea, Jepang, Hongkong)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan sejarah pola makan di
Negara-negara Asia Timur
2. Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pola makan di Negara-negara Asia Timur
3. Membedakan pola makan dari Negara-negara
Asia Timur
4. Membedakan etika makan di Negara-negara
Asia Timur
5. Menyebutkan peralatan memasak dan
peralatan makan dari Negara-negara Asia Timur
6. Menyebutkan bahan makanan dan makanan
populer dari Negara-negara Asia Timur
|
1. Mengkaji pengertian, pola makan
Negara-negara Asia Timur
2. Mendiskusikan etika makan Negara-negara
Asia Timur berdasarkan literatur
|
1. Sejarah pola makan di Negara-negara Asia
Timur
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola
makan di Negara-negara Asia Timur
3. Karakteristik pola makan di Negara-negara
Asia Timur
4. Etika makan di Negara-negara Asia Timur
5. Peralatan memasak dan peralatan makan
6. Bahan makanan dan makanan populer
|
TG
|
1. LCD, Laptop, OHP
2. Whiteboard, Spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
|
Test essay dan test obyektif
|
PBC-V
|
Memahami pengertian, pola makan dan etika makan Negara-negara Timur
Tengah
|
Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan sejarah pola makan di
Negara-negara Timur Tengah
2. Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pola makan di Negara-negara Timur Tengah
3. Membedakan pola makan dari Negara-negara
Timur Tengah
4. Membedakan etika makan di Negara-negara
Timur Tengah
5. Menyebutkan pealatan memasak dan
peralatan makan dari Negara-negara Timur Tengah
6. Menyebutkan bahan makanan dan makanan
populer dari Negara-negara Timur Tengah
|
1. Mengkaji pengertian, pola makan
Negara-negara Timur Tengah
2. Mendiskusikan etika makan Negara-negara
Timur Tengah berdasarkan literatur
|
1. Sejarah pola makan di Negara-negara Timur
Tengah
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola
makan di Negara-negara Timur Tengah
3. Karakteristik pola makan Negara-negara
Timur Tengah
4. Etika makan Negara-negara Timur Tengah
5. Peralatan memasak dan peralatan makan
6. Bahan makanan dan makanan yang Populer di
Negara-negara Timur Tengah
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. OHP, transparan
4. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
5. Manoppo. Pengolahan, penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
|
Test essay dan test obyektif
|
PBC-VI
|
Memahami pengertian, pola makan Negara-negara Eropa
|
Setelah mengikuti perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan sejarah pola makan di
Negara-negara Eropa
2. Menjelaskan faktor –faktor yang
mempengaruhi pola makan di Negara-negara Eropa
3. Membedakan pola makan dari Negara-negara
Eropa
|
1. Mengkaji pengertian, pola makan
Negara-negara Eropa
|
1.Sejarah pola makan di Negara-negara
Eropa
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola
makan di Negara-negara Eropa
3. Karakteristik pola makan Negara-negara
Eropa
|
TG
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. OHP, transparan
4. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
|
Test essay, diskusi dan test obyektif
|
PBC-VII
|
Memahami Etika-etika Makan Negara-negara Eropa
|
4. Membedakan etika makan di Negara-negara
Eropa
5. Menyebutkan peralatan memasak dan
peralatan makan di Negara-negara Eropa
6. Menyebutkan bahan makanan dan makanan
populer dari Negara-negara Eropa
|
2.Mendiskusikan etika makan Negara-negara
Eropa berdasarkan literature dengan diskusi kelompok
|
4. Etika
makan Negara-negara Eropa
5. Peralatan
memasak dan peralatan makan di Negara-negara Eropa
6. Bahan
makanan dan makanan yang populer
|
TG
|
1. LCD, Laptop
2. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
3. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
|
Test essay, diskusi dan test obyektif
|
PBC-VIII
|
Ujian Mid Semester
|
Midtern
|
TG
DW
|
1. Hand Out
2. HVS
|
HasilUMS
|
||
PBC-IX
|
Memahami pengertian dan karakteristik makanan pembuka (Appetizer)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan definisi makanan pembuka
2. Menjelaskan fungsi makanan pembuka
3. Menyebutkan penggolongan makanan pembuka
4. Menyebutkan bahan-bahan dasar pembuatan
makanan pembuka
5. Menjelaskan fungsi dari bahan-bahan dasar
6. Menjelaskan besar porsi
7. Menjelaskan proses dan teknik pengolahan
serta penyajian
8. Menyebutkan peralatan, pengolahan dan
penyajian
9. Menyebutkan contoh makanan pembuka
|
1. Mengkaji pengertian dan karakteristik
makanan pembuka
2. Mendiskusikan bahan-bahan dasar, fungsi
bahan dasar dan contoh makanan pembuka
|
1. Definisi makanan pembuka
2. Fungsi makanan pembuka
3. Penggolongan makanan pembuka
4. Bahan-bahan dasar pembuatan makanan
pembuka
5. Fungsi dari bahan-bahan dasar
6. Besar porsi
7. Proses dan teknik pengolahan dan
penyajian
8. Peralatan pengolahan dan penyajian
9. Contoh makanan pembuka
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
5. Gilmore SA. Food Preparation Study
Course. Iova State Press. 2002
6. Drummond KE. Nutrition Food Service
and Culinary Professionals. USA: Wiley. 2004
|
Test essay dan test obyektif
|
PBC-X
|
Memahami pengertian dan karakteristik sup
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan definisi sup
2. Menjelaskan fungsi sup
3. Menyebutkan bahan-bahan dasar pembuatan
sup
4. Menyebutkan fungsi dan bahan-bahan dasar
5. Menjelaskan besar porsi sup
6. Menjelaskan proses dan teknik pengolahan
serta penyajian
7. Menyebutkan peralatan pengolahan dan
penyajian
8. Menyebutkan jenis-jenis sup
|
1. Mengkaji karakteristik sup
2. Mendiskusikan teknik pembuatan sup
|
1. Definisi sup
2. Fungsi sup
3. Bahan-bahan dasar sup
4. Fungsi bahan-bahan dasar sup
5. Besar porsi sup
6. Proses, teknik pengolahan dan penyajian
7. Peralatan pengolahan dan penyajian
8. Jenis-jenis sup
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
5. Gilmore SA. Food Preparation Study
Course. Iowa State Press. 2002
|
Test essay dan test obyektif
|
PBC-XI
|
Memahami pengertian dan karakteristik makanan utama (main course)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan definisi makanan utama
2. Menjelaskan fungsi makanan utama
3. Menyebutkan bahan-bahan dasar pembuatan
makanan utama
4. Menyebutkan bahan tambahan atau
sidedishes
5. Menjelaskan besar porsi makanan utama
6. Menjelaskan proses dan teknik pengolahan
serta penyajian
7. Menyebutkan peralatan pengolahan dan
penyajian
8. Menyebutkan contoh makanan utama
|
1. Mengkaji pengertian dan karakteristik
makanan utama
2. Mendiskusikan bahan-bahan dasar, bahan
tambahan dan contoh makanan utama
|
1. Definisi makanan utama
2. Fungsi makanan utama
3. Bahan-bahan dasar pembuatan makanan utama
4. Bahan-bahan tambahan (sidedishes)
5. Besar porsi
6. Teknik dan proses pengolahan penyajian
7. Peralatan pengolahan dan penyajian
8. Contoh makanan pembuka
|
TG
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran, Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
5. Gilmore SA. Food Preparation Study
Course. Iowa State Press. 2002
6. Drummond KE. Nutrition Food Servic and
Culinary Professionals. USA: Wiley. 2004
|
Test essay dan test obyektif
|
PBC-XII
|
Memahami pengertian dan karakteristik makanan penutup (dessert)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan definisi makanan penutup
2. Menjelaskan fungsi makanan penutup
3. Menyebutkan bahan-bahan dasar pembuatan
makanan penutup
4. Menyebutkan bahan tambahan (side dishes)
dan toping
5. Menjelaskan besar porsi
6. Menjelaskan proses dan teknik pengolahan
serta penyajian
7. Menyebutkan peralatan pengolahan dan
penyajian
8. Menyebutkan contoh makanan penutup
|
1. Mengkaji pengertian dan karakteristik
makanan penutup
2. Mendiskusikan bahan-bahan dasar, bahan
tambahan dan contoh makanan penutup
|
1. Definisi makanan penutup
2. Fungsi makanan penutup
3. Bahan-bahan dasar pembuatan makanan
penutup
4. Bahan-bahan tambahan (side dishes dan
toping)
5. Besar porsi makanan penutup
6. Teknik dan proses pengolahan penyajian
7. Peralatan pengolahan dan penyajian
8. Contoh-contoh makanan penutup
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
5. Gilmore SA. Food Preparation Study
Course. Iowa State Press. 2002
6. Drummond KE. Nutrition Food Servic and
Culinary Professional. USA: Wiley. 2004
|
Test essay dan test obyektif
|
PBC-XIII
|
Memahami penataan meja (banquet)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menyebutkan definisi banquet
2. Menyebutkan jenis-jenis peralatan banquet
3. Menjelaskan etika bandquet
4. Membuat skema dan jalur kerja banquet
|
1. Mengkaji pengertian banquet
2. Mendiskusikan etika banquet
3. Menyusun skema dan jalur kerja
|
1. Pengertian banquet
2. Peralatan
3. Skema dan jalur kerja
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
4. Manoppo. Pengolahan, Penyajian makanan
dan minuman oriental-kontinental. Jakarta. 1994
5. Gilmore SA. Food Preparation Study
Course. Iowa State Press. 2002
6. Drummond KE. Nutrition Food Servic and
Culinary Professional. USA: Wiley. 2004
|
Test essay dan tugas rumah
|
PBC-XIV
|
Mampu membuat hiasan makanan (garnish) untuk berbagai hidangan
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memilih bahan untuk membuat garnish
2. Memilih peralatan untuk membuat garnish
3. Memilih garnish sesuai dengan jenis
hidangan
4. Membuat garnish
|
1. Mengkaji bahan dan peralatan garnish
2. Mempraktekkan pembuatan garnish
|
1. Bahan-bahan garnish (sayur dan buah)
2. Peralatan pembuatan garnish
3. Teknik pembuatan garnish
|
DW
|
1. LCD, Laptop
2. Hartanto. Garnish Flora dan Garnish
Fauna. Gramedia. 2006
|
Hasil Garnish
|
PBC-XV
|
Mengerti Etika Menyantap Jamuan Makan secara Internasional (Table
Manner)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan Pengertian Table Manner
2. Melakukan Tata Cara menghadiri sebuah
jamuan.
3. Menjelaskan Bentuk Jamuan Makan.
4. Menjelaskan Hal-hal yang tidak boleh
dilakukan selama jamuan makan.
5. Menjelaskan Hal-hal etika yang baik dan
benar selama jamuan makan.
6. Mempraktekkan Etika dan Tata Cara
menyantap hidangan pembuka (appetizer).
7. Mempraktekkan Etika dan Tata Cara
menyantap hidangan soup.
8. Mempraktekkan Etika dan tata cara menyantap
Hidangan Utama.
9. Mempraktekkan Etika dan tata Cara
menyantap Hidangan Penutup (dessert) dan Digestif Drink.
|
1. Mengkaji Pengertian dan Etika serta Tata
Cara Jamuan Makan
2. Mempraktekkan Table Manner
|
1. Definisi Table Manner
2. Tata Cara menghadiri sebuah jamuan.
3. Bentuk Jamuan Makan.
4. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama
jamuan makan.
5. Hal-hal etika yang baik dan benar selama
jamuan makan.
6. Etika dan Tata Cara menyantap hidangan
pembuka (appetizer).
7. Etika dan Tata Cara menyantap hidangan
soup.
8. Etika dan tata cara menyantap Hidangan
Utama.
9. Etika dan tata Cara menyantap Hidangan
Penutup (dessert) dan Digestif Drink.
|
TG
|
1. LCD, Laptop
2. Whiteboard, spidol
3. Sunardi, T. Pelajaran Gizi Kuliner
Akademi Gizi. Jakarta. 2002
|
Test etika table manner
|
PBC-XVI
|
Ujian Akhir Semester
|
UAS
|
1. Hand Out Soal
2. HVS lembar jawaban
|
Hasil UAS
|
|||
B. Kepustakaan Lain
·
Referensi yang dipilih masing-masing dosen.
Jambi, 15 Januari 2012
Koordinator Mata Kuliah
Tugiranto, SGz, Dietisien.
NPM.20931056.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Nama, Komentar